//
you're reading...
Pembelajaran

Pelaksanaan Pembelajaran yang PAIKEM

Dalam penyusunan RPP banyak teman-teman mengalami kesulitan khususnya menentukan langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran, terkhusus lagi pada kegiatan intinya, apalagi sekarang ada suatu kewajiban dimana kegiatan inti tersebut harus kegiatan inti yang PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan). Berikut ini kami cuplik-kan point-point dalam pembelajaran PAIKEM (kami ambil dari Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi SMP/MTs butir nomor 23)…

Pelaksanaan pembelajaran yang PAIKEM, meliputi:

 1)  Kegiatan pendahuluan.

 Dalam kegiatan pendahuluan, guru;

a. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.

b. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

c. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

d. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2)  Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).

 A. EKSPLORASI

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

a. Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.

b. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.

c. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.

d. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan

e. Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.

B. ELABORASI

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

a. Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.

b. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.

c. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.

d. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.

e. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.

f. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok.

g. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.

h. Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.

i. Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.

C. KONFIRMASI

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.

b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.

c. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

d. Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

(1) Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.

(2) Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.

(3) Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan

(4) Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3)  Kegiatan Penutup

 Dalam kegiatan penutup, guru:

a. Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.

b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.

c. Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.

d. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.

e. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

About these ads

Tentang Suyono

Hanya seorang guru seni rupa dengan catatan kecilnya... Semoga bermanfaat...

Diskusi

Satu pemikiran pada “Pelaksanaan Pembelajaran yang PAIKEM

  1. blogwalking….. :D

    Posted by Suyono | Mei 5, 2013, 11:59 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: